Komunitas Ini Tawarkan Belajar Bahasa Belanda Secara Otodidak
sharing

Komunitas Ini Tawarkan Belajar Bahasa Belanda Secara Otodidak

Cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri mengharuskan seseorang untuk menguasai setidaknya satu jenis bahasa asing. Itulah yang aku dan suami alami saat memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang S2. Belanda dan Skotlandia adalah Negara tujuan utama kami. Bekal kemampuan berbahasa Inggris kami sudah mencapai level ‘lumayan’ (lumayan bisa baca, lumayan bisa nulis, lumayan bisa ngomong dan mendengar), karena sudah mulai belajar sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Berbeda dengan bahasa Belanda, kemampuan membaca, menulis, ataupun berbicara saja belum sampai pada level ‘bisa sedikit-sedikit’. Bisa dibilang kami benar-benar clueless dengan bahasa yang satu ini.

Sebenarnya, jika ditarik dari hubungan sejarah, Indonesia memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Belanda. Setelah menjajah Indonesia selama kurang lebih 350 tahun, berbagai aspek kehidupan di Negara kita sedikit banyak dipengaruhi oleh Belanda, baik budaya, politik, hukum, maupun bahasa. Beberapa kata dalam bahasa Indonesia adalah hasil serapan dari bahasa Belanda. Misalnya kata ‘korting’, kata tersebut adalah murni bahasa Belanda yang bermakna sama, yaitu ‘potongan harga’. Sedikitnya ada 3.280 kata dalam Bahasa Indonesia yang berasal dari Bahasa Belanda.

Bahasa Belanda sendiri adalah bahasa yang masuk dalam rumpun Indo-Eropa, lebih spesifiknya sub rumpun Jermanik Barat, masih satu kerabat dengan Bahasa Inggris dan Jerman. Bahasa Belanda digunakan oleh 21 juta orang di seluruh dunia, diajarkan di 40 Negara di dunia pada 220 universitas.

Belajar Bahasa Belanda di universitas maupun di tempat kursus bahasa sudah menjadi hal yang biasa. Peminat bahasa ini juga tidak sedikit. Namun, tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menguasainya. Setidaknya, itulah yang aku alami. Setelah berseluncur lama di Google, akhirnya ditemukan juga sebuah komunitas online yang mewadahi anggotanya dan pembaca untuk belajar bahasa asing secara otodidak. Komunitas Poliglot namanya. Poliglot sendiri berarti kemampuan menguasai banyak bahasa. Di Komunitas Kelas Poliglot, belajar bahasa asing tidak perlu mengeluarkan biaya. Semua ilmu bahasa bisa dikuasi melalui sistem pembelajaran yang otodidak dan secara online. Komunitas Kelas Poliglot tidak hanya memberikan materi tentang Bahasa Belanda, tetapi juga bahasa asing lainnya, seperti Bahasa Prancis, Jerman, Arab, Korea, dan lain-lain. Aku juga baru menemukan komunitas ini. So far, it helps me a lot.

Jika kamu tertarik untuk menguasai Bahasa Belanda dan bahasa asing lainnya, silahkan kunjungi website Komunitas Kelas Poliglot di http://www.kelaspoliglot.com/.

Good Luck.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *