1st Pregnancy: 31 Weeks [Baby N.M]
motherhood

1st Pregnancy: 31 Weeks [Baby N.M]

Hari ini, usia kehamilanku tepat 31 weeks. Memang gak berasa sudah hampir tujuh bulan 3 minggu baby N.M ada di kandungan. Bukan waktu yang sedikit kami bersama, melewati hari-hari yang selalu penuh kejutan dan pelajaran untuk aku sebagai calon ibu, dan baby N.M sebagai calon bayi.

Hal rutin yang selalu aku lakukan setiap minggu adalah mencari tahu perkembangan si baby sudah sejauh mana. Selain jadwal kunjungan ke dokter yang masih satu bulan sekali, ternyata mencari tahu tentang perkembangan kehamilan dari minggu ke minggu di internet juga sangat membantu. Ya, semua ibu hamil pasti merasakan bagaimana ketika konsultasi ke dokter. Tidak semua pertanyaan yang ingin kita tanyakan bisa disampaikan dalam satu kali kunjungan. Terlebih lagi jika dokter yang kita kunjungi memiliki jumlah pasien unlimited, gak kebayang kan?

Jadi, setelah melakukan riset kecil-kecilan, berikut informasi yang aku temukan tentang perkembangan bayi dengan usia kehamilan 31 minggu. Check it out!

Penting untuk diingat, dalam usia 31 minggu ini debay sudah bukan lagi disebut janin, tapi sudah meningkat gelarnya menjadi bayi, ya BAYI. Hal ini karena semua organ vital dan internal si bayi sudah terbentuk hampir mendekati sempurna. Organ vital yang terbentuk juga telah berfungsi dengan baik.

Normalnya, pada usia 31 minggu bayi di dalam kandungan akan memiliki bobot sekitar 3.3 pounds atau setara dengan 1.5 kg, dan panjang tubuh sekitar 40-41 cm. Tentu saja angka ini akan berbeda pada setiap bayi dengan usia kandungan yang sama, karena faktor asupan gizi dan postur tubuh si ibu. Namun, pada usia ini kita tidak lagi bisa mengukur panjang tubuh bayi melalui USG, karena ukuran si bayi yang sudah membesar. Pertumbuhan panjang bayi akan berkurang dan fokus pada peningkatan berat badan bayi.

perkembangan-janin-minggu-31

Pergerakan bayi di dalam kandungan akan mencapai puncaknya pada usia ini. Setidaknya, memang itulah hal yang aku rasakan beberapa minggu belakangan. Si bayi jauh lebih aktif dari minggu-minggu sebelumnya. Awalnya, aku hanya merasakan tendangan-tendangan ringan. Namun, pada satu minggu belakangan ini, pergerakan baby N.M seperti sedang menari lincah di dalam sana. Lucu dan geli sih rasanya. Penting untuk kita para ibu hamil merespon gerakan ini dengan memberikan stimulasi. Tunjukan pada mereka bahwa kita sudah tidak sabar menanti saatnya mereka lahir.

Pada usia 31 minggu ini, mata bayi juga sudah mulai berkembang dan hampir sempurna. Paru-paru si bayi juga mengalami perkembangan pesat, namun ia baru bisa benar-benar bernafas dengan baik saat kandungan menginjak usia 36 minggu nanti.

So, I enjoy my pregnancy and still 8-9 weeks to go to meet baby N.M.

3 thoughts on “1st Pregnancy: 31 Weeks [Baby N.M]”

  1. Halo mba. Semoga dalam keadaan sehat buat mba dan baby nm. Sebelumnya nama saya gaby. Saya juga pasien dr nining. Kalau boleh tahu mba jadinya melahirkan dimana ? Apakah tetap di hermina ?

    1. thank you mba. saya hanya cek kehamilan saja di hermina dg dr. nining. Akhirnya melahirkan di kampung (tasik) mba krn ga ada keluarga yg jagain di depok. semoga mba juga sehat trus dan calon debay nya ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *