Biaya Melahirkan di RSIA Hermina Depok 2017
motherhood

Biaya Melahirkan di RSIA Hermina Depok 2017

Hey, I’m back. 

Yups! Kali ini aku mau sharing tentang perkiraan biaya melahirkan di salah satu rumah sakit ternama di Depok, RSIA Hermina Depok. Karena usia kehamilanku yang sudah masuk trisemester ketiga, survei tentang biaya melahirkan menjadi salah satu to do list aku dan suami. Kehamilan pertama ini tentu membuat aku dan suami lebih banyak mencari tahu dan melakukan persiapan matang demi menyambut baby N.M.

Aku lebih fokus untuk survei biaya melahirkan di sekitaran Depok, karena memang domisili saat ini di Depok. Pada awal kehamilan, aku selalu kontrol ke salah satu klinik di dekat rumah, Klinik Naura Medika. Pelayanan dan dokter di klinik tersebut sangat bagus, hampir setara rumah sakit ternama. Dosis obat yang diberikan pun tidak sembarangan. Jauh di atas klinik-klinik pada umumnya. Ya, tentu saja soal harga juga sedikit mahal. But, worth it!

Kembali lagi ke Hermina. Karena aku khawatir dengan keterbatasan fasilitas di klinik, akhirnya pada usia kehamilan 7 bulan aku mulai pindah ke Hermina. Sekalian persiapan untuk melahirkan di sini. Lebih baik kenalan dulu dengan dokter dan rumah sakitnya. Setidaknya nanti mereka butuh track record kehamilanku kan?. Berdasarkan rekomendasi dari rekan kerja di kantor (yang lagi hamil juga), akhirnya aku memilih Dr. Nining Haniyanti, SpOG. Dari testimoni teman kantor dan hasil googling, dokter cantik satu ini emang jadi favorit di RSIA Hermina. Setelah mencoba konsultasi pun, ternyata Dr. Nining Haniyanti, SpOG emang ramah banget, enak kalau ditanya-tanya, dan orangnya juga positif banget. Dr. Nining juga pro ASI dan pro normal loh!.

Nah, saat pertama kali konsultasi di Hermina, aku juga sekalian survei tentang biaya melahirkan di sini. Sambil menunggu antrian, aku menghampiri salah satu bidan dan menanyakan soal biaya melahirkan. Si bidan langsung menuntun ke salah satu booth yang ada di dekat ruang tunggu konsultasi. Bidan yang aku temui waktu itu sangat ramah dan informatif, kalau tidak salah namanya bidan Pepy. Mbak Pepy memberikan tiga lembar kertas yang berisi daftar biaya melahirkan lengkap dengan tindakannya, peraturan rawat inap, dan tata tertib pelayanan rawat inap RSIA Hermina. Aku memilih untuk mendaftar di kelas VIP, dan tentu saja pilihan ini bisa berubah kapanpun, batas akhirnya H-1 sebelum melahirkan kalau memang mau pindah kelas. Berikut list biaya melahirkan di RSIA Hermina tahun 2017 yang aku dapatkan.

Seperti tertera pada gambar di atas, biaya melahirkan di RSIA Hermina variatif sesuai kelasnya. Melahirkan semakin mahal yah bund 😂. Biaya yang tertera di atas belum termasuk biaya lain-lain. Berdasarkan keterangan bidan Pepy, kira-kira biaya lain-lain itu 20-30% dari total biaya. Yah, kira-kira kalau ingin melahirkan normal dengan kelas VIP, aku dan suami harus siap dengan biaya sekitar 20 juta. Hhhmmm, mikir dua kali sih, karena asuransi dari kantor suami limitnya kurang. Kemungkinan akan turun satu kelas atau mau survei lagi di rumah sakit Mitra Keluarga. Namanya juga hamil anak pertama, jadi survei sana sini dulu hehehe.

8 thoughts on “Biaya Melahirkan di RSIA Hermina Depok 2017”

  1. Makasih mba udah sharing. aku juga lagi survei biaya melahirkan di sekitaran Depok nih. Lancar ya persalinannya nanti 🙂

    1. hello mba, terakhir kali temenku melahirkan di mitra keluarga depok november 2017 lalu dengan persalinan normal kamar VIP sekitar 15.4jt in total mba. Jadi kalau dibandingkan hermina beda 500rb s/d 1jt untuk VIP normal. tergantung kebutuhan masing2 ibu dan bayi nanti. lancar ya lahirannya

    1. hallo mba, jadinya melahirkan di Tasikmalaya waktu itu tempat org tua mba. tapi after melahirkan check up di bunda margonda karena antriannya lebih sepi sih. kalo murah kayaknya mitra dr hermina, tapi beda tipis sih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *