Usai Berkenalan dengan Skyscanner, Agenda Jelajah Nusantara Makin Oke
travel

Usai Berkenalan dengan Skyscanner, Agenda Jelajah Nusantara Makin Oke

Oktober Tahun Lalu…

Kring…Kring…Kring… Gawai gue berdering kencang. Yap, meskipun sudah menggunakan gawai pintar, tapi nada dering tetap klasik, kring..kring.kring. Di layar tertulis nomor tidak dikenal, namun emang dasar gawai pintar, gue akhirnya tau nomor itu adalah nomor lokal Lombok/Praya, begitu kira-kira yang tertulis di layar gue. Bertanya-tanya kira-kira siapa ya yang nelpon? Hhhhmmm, jangan-jangan ada barang yang ketinggalan di hotel, eh tapi kan hotel di Senggigi, ini kok Praya. Yowislah, tanpa pikir panjang lagi gue angkat.

Mba Operator (MO): Selamat pagi Bu, hari ini penerbangan dari Praya (Lombok) menuju Jakarta untuk 3 dewasa dan 1 infant di pukul 09.50 WITA ya?

Gue: Betul mba, ini saya lagi di jalan menuju bandara.

MO : Mohon maaf, sudah di daerah mana, Bu? Pukul 09.30 WITA kita mau close check-in nya Bu (waktu itu sudah pukul 09.27 WITA)

Gue: Yah mba, ini saya udah mau masuk pintu bandara. Paling 5 menit lagi. Mohon ditungguin sebentar ya mba, tolong.

MO: Kita tunggu sampai pukul 09.30 ya bu.

Gue: ……… hening. Ya udah mba (pasrah dalam hati)

Gue bilang ke misua kalau kami kayaknya bakal ketinggalan pesawat untuk balik ke Jakarta pagi itu. Suami tetap positif mau kejar tayang, eh kejar waktu biar bisa terbang. Gue sekali lagi hanya, PASRAH.

Singkat cerita, kami tiba di depan counter check-in pukul 09.35 WITA. Kosong, hanya angin yang berdesis, huft. “Fix ketinggalan pesawat”, batin gue.

And it’s happened. Pertama kali dalam hidup gue ketinggalan pesawat, pas lagi bawa anak pula. “Badai pasti berlalu”, batin gue lagi. Khawatir anak gue rewel kalau lama-lama nunggu, gue inisiatif cari penerbangan selanjutnya. Sialnya gue waktu itu, penerbangan ke Jakarta tercepat ludes, hanya tersisa untuk pukul 6 sore ke atas. Gue gemeteran bayangin bakal nunggu sampe mengering di bandara. Sisa-sia air laut bakal jadi garam yang lumayan buat stock 1 bulan ke depan.

Gue mulai browsing sana-sini, buka travel apps, cari-cari tiket pesawat buat balik ke Jakarta, tercepat, termurah. Iya dong, udah rugi bandar ketinggalan pesawat, mau gak mau gue harus cari yang paling murah dong. Gue akhirnya nemu lewat salah satu travel apps, tapi gagal di pembayaran karena kartu kredit gue gak bisa dipake, ga ngertilah waktu itu masalah server atau apa.

Alhasil gue kembali ke google, eh nemu skyscanner. Gue cobalah tuh. Input data-data, lihat harga cucok meong, cus langsung bayar. Yes, secepat itu terpesanlah tiket gue balik, tapi bukan ke Jakarta, akhirnya ke Bandung karena yang Jakarta udah ludes juga, hahaha.

Sembari nunggu jadwal keberangkatan, gue oprek –lah skyscanner ini, karena memang belom pernah pake sebelumnya. Ternyata seru juga, ada pilihan Multi-city juga. Skyscanner ini juga akan menampilkan the best, the cheapest, and the fastest choice buat kalian. Jadi bagi yang mau penerbangan paling murah, bisa klik cheapest, yang mau cepet bisa klik fastest. Gampang kan? Filter buat maskapai juga ada, kayak gue biasanya buat kenyamanan akan beli tiket pesawat Garuda Indonesia, tinggal klik filter Garuda Indonesia, muncul deh list tiket pesawat Garuda.

pilihan multi-city

 

pilihan the best, cheapest, fastest

 

filter maskapai

 

Yap, ternyata pengalaman ketinggalan pesawat gue di Lombok tahun lalu itu mempertemukan gue sama skyscanner, ciyeelah haha. Tahun ini rencananya gue mau jelajah nusantara lagi bareng suami dan si kecil, Ulil. Karena sepengalaman gue bawa anak itu butuh effort lebih, pasti gue akan persiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari, seperti membeli tiket pesawat salah satunya.

Next trip sih rencananya gue dan suami pengen ke Bali bawa Ulil. Kemaren udah research harga di skyscanner, lihat tanggal yang cucok, harga murah, langsung pesen. Semoga ga ada lagi drama-drama lainnya di next trip ini yah. Doakan akuhhhh. Semoga misi keluarga AMHS untuk Jelajah Nusantara bisa tercapai tahun ini, lebih banyak destinasi, lebih banyak pengalaman seru.

semoga Ulil bisa ketemu pantai lagi tahun ini

 

dan ketemu sunset lagi

 

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

5 thoughts on “Usai Berkenalan dengan Skyscanner, Agenda Jelajah Nusantara Makin Oke”

  1. wah, seru banget ya jalan2 bawa baby. semangat mba, semoga next trip nya lebih lancar ya. skyscanner emang enak sih makenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *