Kopi Es Tak Kie Khas Pecinan di Gang Gloria
culinary

Kopi Es Tak Kie Khas Pecinan di Gang Gloria

Setelah 10 abad nggak pernah update tentang kuliner lagi, kali ini gue mau review tempat ngopi khas pecinan di daerah Kota Tua. Lebih tepatnya sih, babang (alias suami gue) yang menemukan tempat ngopi yang melegenda 7 turunan itu. Namanya Kopi Es Tak Kie. Berlokasi di Jalan Pintu Besar Selatan II, Gang Gloria No. 4 – 6, Glodok. Bagi kalian yang hobi kuliner di kawasan Gang Gloria yang terkenal itu, coba deh pake mata batin dan iman yang kuat, dijamin kalian akan menemukan lokasi Kopi Es Tak Kie yang nyempil di sudut keramaian gang. Yap! Ramai banget kok!

Kopi Es Tak Kie ini memang sudah eksis dari tahun 1927, wah jadul pisan yah! Indonesia belum merdeka aja kedai kopi satu ini udah buka di Gang Gloria, dan masih tetap awet bing rame sampai sekarang. Mengutip dari blog-nya Es Kopi Tak Kie, kedai ini pertama kali didirikan oleh perantau asal Tiongkok bernama Liong Kwie Tjong. Nama Tak Kie sendiri diambil dari kata ‘tak’ yang artinya orang yang bijaksana, sederhana, dan apa adanya, dan kata ‘kie’ sendiri memiliki arti mudah diingat banyak orang. Pas banget lah ya, terbukti sampai hari ini Es Kopi Tak Kie tetap menggunakan konsep yang sederhana dan dikenal banyak orang.

Menu andalan di sini adalah Kopi Es-nya. Ya iyalah ya hahaha. Bagi yang nggak doyan kopi hitam original, bisa memesan Es Kopi Susu. Dijamin tetap nikmat kok. Mereka meracik sendiri kopi-nya dengan metode yang khas. Aromanya harum, rasanya enak. Begitulah kira-kira tagline Es Kopi Tak Kie. Anyway, mereka juga menjual kopi kemasan “takkie” loh. Kalian bisa beli atau pesen langsung ke Ko Willy namanya, ada kok di website-nya. Langsung di cek aja di kopiestakkie.com ya.

Selain Es Kopi, di sini kalian juga bisa memesan makanan. Ada Nasi Campur, Mie Ayam, Pangsit, dll. Saran dari gue, kalian jangan tergoda dan terhipnotis sama menu-menu yang ditawarin kokoh-kokoh di luar, karena beli menu makanan di dalam Es Kopi Tak Kie lebih worth it. Percayalah!

Soal harga, masih masuk kantong mahasiswa dan buruh kantoran kayak gue sih. Satu gelas Es Kopi hanya Rp. 17.000,00 saja. Suami gue mesen makan Mie Pangsit Ayam Bakmi Amoy waktu itu, harganya cuma Rp. 33.000,00 saja.

Es Kopi Susu harganya cuma Rp. 17.000,00 (Foto: Criminovelistdiary)
Es Kopi Susu harganya cuma Rp. 17.000,00 (Foto: Criminovelistdiary)
Mie Pangsit Ayam Bakmi Amoy (Foto: Criminovelistdiary)
Foto: Website kopiestakkie.com

Kalau kalian mau ke sini, gue saranin datang pagi-pagi, karena jam 2 siang mereka udah tutup. Bukanya mulai jam 6.30 pagi, bertepatan dengan jam padetnya KRL jurusan Bogor-Jakarta #apasihganyambung hahaha.

Oh iya, bagi kalian yang muslim, harus banyak bertanya di sini, karena untuk makanan-nya ngak sedikit yang tidak halal. Jadi tetep harus pintar milih makanan ya gaes. Sekian review jajanan dari gue. See ya!

Penampakan Kopi Es Tak Kie Tempoe Doeloe (Source: Website kopiestakkie.com)
Orang-orang terkenal yang pernah mampir ke Tak Kie (Foto: Criminovelistdiary)

 

ES KOPI TAK KIE

Address: Jl. Pintu Besar Selatan III, Gang Gloria No. 4 – 6, Glodok, RT.7/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120
Hours:  6:30AM – 2 PM
Phone: (021) 6928296

1 thought on “Kopi Es Tak Kie Khas Pecinan di Gang Gloria”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *