Kerta Niaga, Kuliner Bergaya Hindia-Belanda di Kawasan Kota Tua
culinary

Kerta Niaga, Kuliner Bergaya Hindia-Belanda di Kawasan Kota Tua

Sejenak melepas penat setelah lima hari bekerja dengan rutinitas yang padat di ibukota,  dan mungkin menjenuhkan, tidak ada salahnya untuk refreshing saat weekend tiba, bukan? Short traveling, piknik di puncak, atau hanya sekedar kuliner sambil memperkaya referensi makanan kalian juga ide menarik loh. Jika kalian menyukai kuliner sembari menikmati wisata sejarah, khususnya ala Hindia Belanda, Kawasan Kota Tua adalah salah satu pilihan yang tepat. Mulai dari jajanan pinggir jalan, sampai cafe  dengan nuansa Hindia Belanda juga tersedia di kawasan Kota Tua, Jakarta. Selain lokasi yang mudah dijangkau (tidak sampai 5 menit jalan kaki dari stasiun Jakarta Kota), beragam hiburan menarik juga sering kali diadakan di kawasan ini.

Beberapa bulan belakangan ini, kawasan Kota Tua memiliki tempat kuliner baru bagi kalian pecinta kuliner dan wisata sejarah. Masih dengan konsep Hindia Belanda, tempat ini bisa menjadi pilihan baru bagi pengunjung Kota Tua. Tempat kuliner baru ini berada di Gedung Kerta Niaga, yang merupakan salah satu daftar proyek revitalisasi kawasan Kota Tua. Setelah restorasi bangunan rampung,  Oktober lalu Kerta Niaga akhirnya diresmikan oleh mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat. Kerta Niaga beralih fungsi menjadi market place yang menyediakan berbagai jenis jajanan kekinian. Selain itu di Kerta Niaga juga tersedia co-working space yang bisa disewakan untuk kepentingan berkumpul dan bekerja.  Menarik, pengunjung bisa bekerja atau berkumpul sembari menikmati suasana tempo dulu di tempat ini.

Pintu Utama Gedung Kerta Niaga (Dok. Criminovelistdiary)
Booth makanan di dalam Kerta Niaga (Dok. Criminovelistdiary)

Meskipun sudah diresmikan Oktober 2017 lalu, namun jumlah booth jajanan di Kerta Niaga terbilang sedikit. Tapi, kalian tidak perlu khawatir, ketika memasuki pintu utama Kerta Niaga, kalian akan tergoda dengan ragam makanan dan minuman kekinian dengan harga yang terjangkau. Sebut saja DumDum Thai Tea, The Kotjok, dan Bakso Tekwey, dan masih banyak menu lainnya. Kebanyakan menu di sini memang fokus pada konsep kekinian, meskipun berada di kawasan dengan konsep tempo dulu.

Salah satu minuman yang dijual di Kerta Niaga, Teh Kotjok (Dok.Criminovelistdiary)
booth teh Kotjok (Dok. Criminovelistdiary)

Selain menawarkan suasana ala Hindia Belanda, yang paling menarik dari Kerta Niaga adalah hasil revitalisasi bangunan-nya yang tidak mengubah façade bangunan. Arsitektur dengan gaya dutch closed tetap dipertahankan, sesuai dengan fungsi gedung ini sebagai eks kantor perusahaan Koloniale Zee en Brand Assurantie Maatschappij pada masa Hindia Belanda. Tentunya lokasi ini juga Instagramable bagi kalian yang suka melakukan swafoto.

Untuk lokasi, gedung Kerta Niaga berada tepat di samping Kedai Djakata. Kalian akan langsung bisa menemukannya, karena tulisan “Kerta Niaga” yang cukup besar tepat di atas pintu masuk utama. Untuk lebih jelas, kalian bisa klik link Google Map di bawah ini.

Maps Kerta Niaga

 

Kerta Niaga Kota Tua

Jl. Kali Besar Tim., RT.4/RW.6, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110 

 

1 thought on “Kerta Niaga, Kuliner Bergaya Hindia-Belanda di Kawasan Kota Tua”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *